Jumat, 08 Desember 2017

Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sedang Jatuh Sakit

Saat kondisi tubuh sedang sakit, kita tentu akan cenderung kurang nyaman saat mengkonsumsi hampir semua makanan. Meskipun begitu, ada baiknya kita tetap makan agar tubuh bisa mendapatkan nutrisi yang mendukung proses penyembuhan. Hanya saja, ada baiknya kita juga tidak sembarangan dalam mengkonsumsi makanan saat sakit. Ketahui  Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sedang Jatuh Sakit

https://caramencegahdemamtifoidsecaraalami.blogspot.com/2017/12/jenis-makanan-yang-harus-dihindari-saat.html

 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sedang Jatuh Sakit | Makanan mungkin bukan hal pertama yang ada di pikiran ketika Anda sedang berjuang melawan flu atau sakit perut, karena nafsu makan hilang. Tetapi, mau tidak mau, Anda harus tetap mengisi perut. Meski demikian, sebaiknya Anda lebih berhati-hati memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Pasalnya, beberapa jenis makanan dan minuman bisa membuat Anda justru merasa bertambah buruk. Inilah makanan dan minuman yang harus Anda hindari ketika sakit, supaya Anda bisa pulih lebih cepat :
  • Produk olahan susu
Meskipun susu termasuk dalam minuman yang kaya akan nutrisi yang menyehatkan tubuh, Hanya saja, jika kita mengkonsumsi susu dan produk olahannya layaknya keju, yoghurt, dan lain sebagainya, kita bisa mendapatkan dampak buruk bagi kesehatan, apalagi jika kita terkena penyakit seperti flu atau batuk. Konsumsi produk olahan susu ini akan membuat tubuh memproduksi lendir dalam jumlah yang lebih banyak yang tentu akan membuatnya menjadi semakin tidak nyaman.
  • Gorengan
Gorengan memang sangat nikmat untuk dikonsumsi kapanpun dimanapun. Hanya saja, jika kita sakit, termasuk saat terkena radang tenggorokan, ada baiknya kita tidak mengkonsumsinya karena bisa menyebabkan peradangan menjadi semakin parah.
  • Minuman beralkohol
Minuman beralkohol termasuk bir atau liquor sudah dikenal luas tidak baik bagi kesehatan tubuh. Jika kita mengkonsumsinya saat tubuh sedang sakit, maka kondisi sakit kita pun akan menjadi lebih parah. Hal ini disebabkan oleh kemampuan minuman ini dalam membuat sistem kekebalan tubuh semakin menurun sehingga tentu akan kesulitan untuk membuat tubuh cepat pulih.
  • Kopi
Harus dihindari ketika Anda sedang sakit perut. Kafein dalam kopi bersifat diuretik, sehingga dapat membuat Anda sering buang air kecil dan berpotensi menyebabkan Anda dehidrasi.

Dehidrasi adalah hal yang buruk ketika Anda sedang berjuang melawan virus atau infeksi lain. Sebaliknya, cukup hidrasi atau cairan akan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan lebih efektif, kata Kristine Arthur, MD, seorang internis di Orange Coast Memorial Medical Center di Fountain Valley, California.

Selain itu, kafein dapat merangsang otot-otot di saluran pencernaan dan membuat diare menjadi lebih intens, kata Dr. Arthur.

Baca Juga : Obat Pembersih Rahim

  • Jus jeruk
Jeruk memang kaya vitamin C yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, tapi hindari minum jus jeruk ketika Anda sedang batuk atau sakit tenggorokan. Keasaman jus jeruk, biasanya menyegarkan. Tapi ketika Anda batuk atau flu, keasamannya dapat melukai tenggorokan Anda.
"Jeruk mengandung asam sitrat yang dapat mengiritasi lapisan tenggorokan Anda yang sudah meradang," kata Taz Bhatia, MD, profesor kedokteran integratif di Emory University.
  • Gula
Bagi Anda pecinta makanan manis, hindari gula dan makanan manis jika Anda sedang sakit perut karena infeksi bakteri.

Gula dapat menekan kemampuan sel darah putih untuk melawan bakteri, kata Dr Arthur. Selama beberapa jam setelah makan kue, permen, atau sereal bergula, sistem kekebalan tubuh akan melemah sehingga kurang efisien melawan kuman yang membuat Anda sakit.
"Selain itu, gula cenderung menarik cairan dari saluran pencernaan, yang dapat menyebabkan diare," kata Dr Arthur.
  • Makanan pedas
Hindari ketika Anda pilek terutama ketika ingus Anda cair, sehingga sering tanpa sadar keluar dari lubang hidung Anda. Senyawa capsaicin di dalam cabai atau paprika dapat mengiritasi saluran hidung dan membuat lendir di hidung Anda semakin meler. Dan kondisi ini tentu membuat Anda semakin tak nyaman.

Baca Juga : Makanan Yang Bisa Bikin Pria Sulit Ereksi

- Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sedang Jatuh Sakit -

0 komentar:

Posting Komentar